To ChristianAnswers.Net homeTo ChristianAnswers.Net directory
Kisah Mengenai Allah Watch and Listen to God's Story
Part II: Exodus through the Prophets (Malachi)
Prophet. Copyrighted.

Nabi-nabi menubuatkan kedatangan Juruselamat

Setelah empat puluh tahun di padang gurun, bangsa Israel, yang juga dikenal dengan nama Yahudi, masuk ke dalam tanah perjanjian Kanaan. Walaupun penduduk Kanaan mengetahui kuasa Allah bagi bangsa Yahudi, mereka menolak Jehovah sebagai Allah dan memerangi bangsa Israel. Tapi Allah melindungi bangsa Yahudi agar mereka dapat menempati di tanah yang telah dijanjikan kepada Abraham, Ishak dan Yakub.

The Holy Temple. Copyrighted.
Once a year the appointed High Priest went behind a sacred veil which separated the people from the Holy presence of God.

Tuhan menahbiskan para imam untuk mengawasi pengorbanan korban dan memimpin ibadah penyembahan. Satu tahun sekali, Imam tertinggi yang diurapi masuk kedalam tirai yang kudus, yang memisahkan bangsa Israel dengan kehadiran Allah yang Maha Kudus. Disanalah imam itu menjadi wakil bagi seluruh bangsa dihadapan Tuhan.

Bertahun-tahun lamanya, bangsa Israel mengangkat seorang raja, Daud, yang Allah sebut dengan “orang kesayanganku”.

Allah berbicara kepada bangsa Yahudi melalui Daud dan orang-orang kudusNya, yang disebut dengan nabi, mengingatkan mereka untuk selalu hidup kudus sebagai saksi bagi seluruh bangsa. Ketika bangsa Israel berdosa, Tuhan memperingatkan mereka melalui nabi-nabi ini, tapi apabila tetap mengeraskan hati, Tuhan akan mengijinkan bangsa lain untuk menindas bangsa Israel.

Israel leaving her home land. Copyrighted.

Dengan tidak mengindahkan peringatan-peringatan ini, Bangsa Israel tetap tidak taat dan memberontak terhadap Tuhan, menolak hukum-hukumNya dan membunuh nabi-nabi yang bersaksi melawan mereka.

Akhirnya, setelah delapan ratus tahun memberontak, Bangsa Israel diusir keluar dari tanah mereka dan menjadi tahanan bangsa Asiria dan Babilon.

Tapi Allah terus berfirman melalui nabi-nabi selama bangsa Yahudi menjadi tahanan. Beberapa dari pesan-pesan ini merupakan panggilan untuk bertobat, sementara pesan lainnya adalah nubuatan mengenai Juruselamat yang akan menyelamatkan manusia dari dosa.

Nabi Mikha menubuatkan sebuah kota dimana Juruselamat ini akan lahir dan kekekalanNya dengan berkata, "Di kota Betlehem akan datang seseorang yang akan memerintah di Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala."

The Coming of Jesus. Copyrighted.

Allah bahkan mengungkapkan bahwa Juruselamat yang akan datang akan lahir dari garis keturunan raja Daud. Melalui tulisan Nabi Maleakhi, Tuhan berfirman tentang seseorang pembawa pesan yang akan memberitahukan kedatang Juruselamat dan mempersiapkan orang-orang untuk menerima Dia.


ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network
Next page