Parched Earth. Illustration copyrighted.

Do you know…
» Mengapa Tuhan Mengijinkan Orang Benar Menderita? Jawabannya

» Sudah cukup baikkah saya untuk masuk Surga? Jawabannya

Manusia Memilih Untuk Memberontak.

Karena ingin hidup menurut caranya sendiri, menurut apa yang dipikirnya benar, manusia memilih untuk tidak taat kepada Allah.

Pilihan ini mengakibatkan kejatuhan (dosa). Secara sederhana, dosa adalah ketidaktaatan kepada Allah. Ia adalah Pencipta dan harus ditaati. Bahkan lebih penting lagi, Allah sendirilah ukuran kebenaran. Dosa memisahkan kita dari Allah dan menyebabkan kematian tubuh ini. Perpisahan ini terjadi karena Allah sempurna dan suci. KesucianNya tidak dapat diam bersama dosa dan keadilanNya tidak dapat membiarkan dosa tanpa hukuman.

Karena dosa, alam juga terkutuk dan mulai mati. Tanah jadi kurang subur dan makanan menjadi langka. Manusia harus bekerja lebih keras dengan hasil yang jauh lebih sedikit. Umat manusia juga melihat kenyataan akibat dosa terhadap hubungan antar manusia, yaitu kekejaman, pembunuhan, nafsu dan ketidakharmonisan dalam keluarga.

Manusia terus berdosa,, hidup dalam pemberontakan terhadap Allah, Sang Pencipta. Hal inilah yang menyebabkan dunia sekarang ini dipenuhi dengan penderitaan. Manusia harus bertanggungjawab karena telah menghancurkan kesempurnaan ciptaan Allah.

Karena ada dalam keberdosaan, manusia tidak dapat tahu dan merasakan kasih dan persekutuan dengan Allah,, sekuat apapun mereka mencari Allah dengan kekuatannya sendiri melalui perbuatan baik, upacara agama, atau pandangan hidup. "Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah" (Roma 3:23).


(Halaman Berikutnya)