Apa yang baru di ChristianAnswers.Net?

Sewaktu kita mengatakan bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan, apakah itu berarti bahwa Alkitab itu sepenuhnya akurat, atau adakah isinya yang kurang akurat tentang rincian sejarah dan ilmu pengetahuan?



Lihat halaman ini dalam bahasa: Inggris (English), Belanda (Nederlands), Hongaria, Portugis (Português), Spanyol (Español)

Beberapa ahli teologia mengajarkan bahwa Alkitab benar-benar diinspirasikan oleh Tuhan, dan mengungkapkan secara benar apa yang Tuhan kehendaki untuk kita ketahui mengenai keselamatan—sekalipun demikian ada beberapa hal kecil yang masih menjadi pertentangan. Misalnya saja seorang ahli teologia berpendapat bahwa karya Roh Kudus dalam memberi inspirasi pada Alkitab hanya membenarkan kejadian-kejadian selektif dan ketepatan penyampaian dan penafsiran sebatas untuk mencapai kehendak Allah pada umat manusia." (Dewey Beegle, Inspiration of Scripture, hal 190).

Bagaimanapun juga, kekristenan konservatif tetap berpendapat bahwa Alkitab sangatlah akurat. Alkitab dapat berisi pernyataan-pernyataan yang merupakan: (1) hal-hal yang dibicarakan; (2) deskripsi-deskripsi non teknis; (3) hal-hal yang sukar dimengerti. Tapi kesalahan aktual dapat dibagi ke dalam beberapa kategori lagi. Jika ada kesalahan dalam Alkitab sekalipun itu kecil, maka Alkitab tak dapat menjadi teladan kita dalam melakukan kebenaran. Saya menjadi standar kebenaran itu, ketika saya menetapkan pernyataan Alkitab mana yang benar dan yang mana yang salah. Dan jika saya tak dapat mempercayai Tuhan untuk fakta-fakta seperti tanggal-tanggal dan ukuran (dimana saya dapat menanyakan padaNya), mengapa saya harus berharap pada-Nya untuk lebih jelas lagi dalam hal seperti dosa dan keselamatan (dimana saya tak dapat bertanya pada-Nya)?

Alkitab tidak menggunakan kata “di dalam” tapi idenya adalah untuk mudah dimengerti

  • Mazmur 19:8-10 - "Taurat Tuhan itu sempurna…Titah Tuhan itu tepat… perintah Tuhan itu murni…hukum-hukum Tuhan itu benar adil semuanya."
  • Mazmur 119:43a - “Firman kebenaran.”
  • Mazmur 119:142b - "Taurat-Mu benar."
  • Mazmur 119:160 - "dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya."
  • Yohanes 17:17b - "Firman-Mu adalah kebenaran."

Alkitab yang tidak akurat bertentangan dengan sifat Tuhan yang benar secara absolut

  • Titus 1:2 - "Allah yang tidak berdusta."
  • Ibrani 6:18 - "Allah tidak mungkin berdusta."
Beberapa orang berpendapat bahwa ini adalah hal-hal kecil, tapi ide bahwa Alkitab salah, dapat membuka pintu yang dapat membahayakan kehidupan spiritual kita. Sewaktu orang memutuskan bahwa mereka mempunyai otoritas untuk menentukan satu ayat dalam Alkitab salah, maka segera dapat ditemukan ayat-ayat lain yang mengandung kesalahan juga. Saya telah menyaksikan hal ini berulangkali setiap tahunnya. Setiap generasi semakin menolak Alkitab, karena mereka menggunakan pendapat mereka sendiri.

[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]

Diterjemahkan: Robert Tanoni

Pengarang: Dr. John Bechtle

Hak Cipta © 1995, Films for Christ, Semua hak dilindungi - kecuali seperti yang tercantum pada halaman “Usage and Copyright” yang memberi pengguna ChristianAnswers.Net hak untuk menggunakan halaman ini untuk pekerjaan mereka di rumah, kesaksian pribadi, gereja dan sekolah.

Go to Films for Christ

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167
USA        

Go to index page ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network HOMEPAGE dan DIREKTORI