Apa yang baru di ChristianAnswers.Net?

Apakah taman eden pernah ditemukan?



Lihat halaman ini dalam bahasa: Inggris (English), Belanda (Nederlands), Perancis (Français), Portugis (Português), Rusia, Spanyol (Español)

Adam and Eve in Garden of Eden, from The Genesis Solution. Copyright, Films for Christ. Alkitab mengatakan letak dari Taman Eden adalah:

"Ada suatu sungai yang mengalir Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang."
   —Kejadian 2:10

Dua sungai tersebut adalah Hiddekel (Tigris) dan Perath (Efrata).

Inilah sebabnya mengapa banyak orang-orang Kristen beranggapan bahwa taman yang asli terdapat disuatu tempat di daerah Mesopotamia (daerah sekitar Irak sekarang) dimana sungai Tigris dan Efrata mengalir di jaman sekarang ini.

Map showing Tigris and Euphrates rivers. Copyrighted, Films for Christ. Alkitab mencatat terjadinya air bah yang menghancurkan dunia, ribuan tahun setelah Adam dan Hawa diusir dari Taman Eden. Lapisan dari endapan tanah yang bermil-mil tebalnya, menjadi saksi bisu dari terjadinya kerusakan yang terjadi secara besar-besaran yang diakibatkan perubahan air yang mana telah memporakporandakan dan mengubur dunia sebelum terjadinya air bah untuk selama-lamanya.

Setelah air bah, para orang-orang yang selamat (Keluarga Nuh) pindah ke dataran Shinar (Sumeria/Babilonia) dimana disana dapat kita temukan sungai-sungai yang dinamakan Tigris dan Efrata. Ini jelas bukan merupakan sungai-sungai yang sama. Sungai baru ini mengalir diatas lapisan batuan yang terbentuk oleh air bah dimana batuan ini mengandung milyaran tubuh yang mati (mereka yang terbunuh oleh karena air bah). Sungai-sungai ini mungkin dinamakan sama dengan nama sungai sebelumnya sebelum terjadinya air bah, yang mungkin sama seperti yang dilakukan para pendatang dari Ingris sewaktu datang ke Amerika dan Australia, dimana mereka mengambil nama yang sudah umum di negaranya untuk menamakan banyak daerah di tempat yang mereka sebut “Dunia Baru”.

Sebagai catatan, Alkitab berbicara mengenai salah satu sungai terpecah menjadi empat anak sungai, hanya dua dari antaranya yang disebut Tigris dan Efrata. Dan keduanya bukanlah yang ditemukan di Asia tengah jaman sekarang ini.

Taman Eden telah dihancurkan oleh Air bah. Letak Taman Eden di dunia ini tidak pernah dapat ditentukan secara pasti—sebagaimana kita tahu, letaknya adalah ditengah-tengah Samudra Pasifik sekarang.

Editor's Note: If the idea of a worldwide catastrophic flood is new to you, we suggest that you read the following material which presents some of the biblical and scientific evidences.

  • Apakah alkitab benar-benar menyatakan bahwa air bah pernah menutupi seluruh bumi? Answer
  • Flood account (a biblical summary description)
  • Noah's Flood - where did the water come from? Answer
  • Genesis and ancient Near Eastern stories of Creation and the Flood: an introduction - Go
  • Could Noah's Ark really hold all the animals preserved in the flood? Answer
  • How did various animals get from the Ark to isolated places, such as Australia? Answer
  • Watch our “Catastrophe” menu for more biblical and scientific evidences for the global Flood of Genesis - Go
  • Bible's full description of the Flood (read the Bible for yourself)

Other material of interest about Eden

Diterjemahkan oleh Ruben Bachrul

Disalurkan oleh Creation Ministries International.

Hak Cipta © 1999, Creation Ministries International, Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang kecuali yang dinyatakan dalam halaman “Usage and Copyright” terlampir yang memperbolehkan peng-akses ChristianAnswers.Net untuk menggunakannya untuk pekerjaan di rumah mereka, untuk kesaksian pribadi, gereja dan sekolah-sekolah.

Illustrations copyright, Films for Christ.

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167

Kreasi dan Evolusi ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network HOMEPAGE and direktori