What’s New?

Apa yang harus saya lakukan atau gunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Allah menjadi nyata bagi anak-anak?

Lihat halaman ini dalam bahasa: Inggris (English)

Girls playing. Photo copyrighted.

Orangtua bertanya: Kami punya dua orang anak perempuan - Pamela berusia enam tahun kemarin, dan Patty, berumur empat tahun Oktober lalu. Setiap malam saya dan suami selalu melakukan saat teduh dengan anak-anak. Kami membaca cerita Alkitab; saling berbagi cerita mengenai pengalaman hari itu dan juga berdoa. Kami berusaha mengajar anak-anak bahwa Tuhan selalu ada beserta mereka, setiap saat. Bahwa Tuhan bukan sesuatu yang dapat “dilihat/didekati” - "Ayo-mari kita pergi sebelum keduluan Tuhan." Tapi kami masih mencari cara lain agar Tuhan terlihat nyata bagi anak-anak kami.

Baiklah, saya pikir Anda telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan menbacakan anak-anak buku-buku Kristen dan berdoa bersama. Juga bagus jika ditambahkan sepotong doa kecil mengenai hal sederhana yang dipikirkan anak-anak . Yang patut dicoba juga, Anda dapat membacakan cerita dan berbuat seperti dalam cerita, supaya mereka dapat mengerti dan menangkap pesan dari cerita tersebut. Jika anda kebetulan sedang membacakan cerita sebelum tidur tentang berbuat baik, cobalah melakukan dan mengingatkannya pada saat mereka bangun pagi, "Ingat cerita kita yang tadi malam? Yuk, kita berbuat baik pada tetangga kita ibu Jones " Salah satu alat yang berguna yang dapat Anda gunakan adalah 'tape recorder' kecil untuk anak-anak di samping tempat tidur sehingga mereka dapat mereka memutar kaset cerita-cerita Alkitab. Dan, jika anda punya video, jangan lupa pada film-film yang sudah tersedia sekarang. Beberapa diantaranya berlatar belakang Alkitab atau cerita-cerita biasa yang tokoh utamanya mengandalkan Tuhan untuk membebaskan mereka dari segala kesulitan.

Apakah saat teduh bersama anak-anak juga merupakan 'hiburan'? Tentu saja kita perlu membuatnya menyenangkan bagi mereka walau tujuan utamanya bukan menghibur. Anak-anak tetap akan merasa terhibur, jadi yang diperlukan hanya alat-alat dan cara agar mereka tenang dan mempunyai saat teduh bersama Tuhan. 'Tape recorder" merupakan alat yang hebat untuk mendiamkan mereka karena efeknya yang menenangkan. Dan jika sesekali anak Anda bertingkah, Anda dapat menggunankannya sebagai salah satu bentuk disiplin - Anda tinggal mengambil 'tape recorder' nya beberapa malam dan biarkan mereka mengerti bahwa kelakuan nakal dapat menyebabkan mereka kehilangan sesuatu yang sangat mereka senangi.

Untuk bantuan lebih lanjut silahkan lihat…

[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]

Diterjemahkan oleh: Linda Rooroh
Penulis: Orangtua Bicara (Parent Talk) oleh Dr. Kevin Leman dan Randy Carlson dari Family Life Communications

Hak Cipta © 1996, 2001, Family Life Communications, Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang - kecuali sebagaimana dinyatakan pada halaman “Usage and Copyright” terlampir yang memberi kepada pengguna ChristianAnswers.Net, hak untuk menggunakan halaman ini untuk pekerjaan di rumah, kesaksian pribadi, di gereja-gereja maupun sekolah-sekolah.

Illustrations courtesy of Films for Christ

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167
USA

Go to index page ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network HALAMAN UTAMA dan DIREKTORI